Breaking News

Inilah Pilihan Terbaik Ketika Membutuhkan Dana Pinjaman Cepat Saat Kondisi Mendesak

Inilah Pilihan Terbaik Ketika Membutuhkan Dana Pinjaman Cepat Saat Kondisi Mendesak - Kebutuhan yang mendadak dan darurat terkadang memang tidak bisa diprediksi. Saat kondisi ini terjadi, tentu membuat kita harus berpikir keras untuk mengatasinya. Untuk solusi kebutuhan dana saat kondisi darurat biasanya bisa atasi dengan mengandalkan tabungan atau dana darurat yang dimiliki. Namun beberapa orang terkadang tidak memiliki pos keuangan yang satu. Selain itu, ada juga orang yang memiliki tabungan ataupun dana darurat, namun jumlah nominalnya tidak mencukupi untuk menutupi kebutuhan mendesak atau darurat. Jika sudah begini, mencari dana pinjaman cepat dari pihak lain menjadi alternatif solusi yang disarankan.

 


Ada kalanya kita memang membutuhkan dana dalam waktu sesegera mungkin, seperti ketika anak sakit, anak butuh biaya masuk sekolah, biaya perbaikan rumah, modal usaha, dll. Saat kondisi seperti ini, meminjam dan menjadi solusi terakhir yang bisa dilakukan saat keuangan yang dimiliki dirasa tak mencukupi. Untuk meminjam dana cepat, ada beberapa pilihan tempat yang bisa dituju, antara lain:

Lembaga konvensional.

Cara paling umum untuk mendapatkan pinjaman saat terdesak kebutuhan adalah dengan melalui bank atau lembaga konvensional lainnya. Keuntungan meminjam dana dari bank adalah lebih minim resikonya. Karena hampir semua bank yang ada di Indonesia kini sudah dalam pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga cukup aman proses peminjaman dananya. Suku bunga yang ditetapkan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya.

Karena memang untuk penentuan bunga pada bank sesuai aturan dari pemerintah. Anggapan bahwa meminjam dana dari bank sangat sulit, sebenarnya tidaklah seluruhnya benar. Karena asalkan Anda memenuhi semua persyaratan dengan baik, maka dana yang Anda butuhkan bisa segera cair. Di bank, Anda juga bisa memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah ingin mengambil pinjaman beragunan atau kredit tanpa agunan (KTA).

Pinjaman online.

Dengan perkembangan dunia digital seperti sekarang ini, aplikasi pinjaman online bisa solusi ketika membutuhkan pinjaman dana cepat. Hal ini dikarenakan untuk meminjam dana dari fintech (financial technology) cenderung lebih mudah dan cepat. Anda hanya perlu mendownload aplikasi pinjaman online dan mengunggah beberapa data pribadi secara online agar bisa mendapatkan pinjaman dana cepat.

Namun yang perlu diperhatikan, tidak semua fintech itu sudah terpercaya. Sehingga sebelum meminjam, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu fintech yang dituju sudah aman dan terpercaya ketika sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Memanfaatkan kartu kredit.

Kartu kredit tidak hanya bisa digunakan sebagai alat ganti transaksi belanja non tunai saja. Karena ternyata kartu kredit juga bisa digunakan sebagai sumber dana ketika memerlukan dana tunai atau cash untuk memenuhi kebutuhan. Dana tunai kartu kredit merupakan fasilitas yang diberikan kepada pemilik kartu kredit untuk memindahkan sejumlah nominal rupiah ke rekening tabungan.

Uang pinjaman pada dana kartu kredit berasal dari limit kartu kredit. Dimana biasanya nilai pinjaman yang bisa diberikan antara 40-50% dari sisa limit kartu kredit. Sehingga bagi Anda yang sedang terdesak kebutuhan dana, tidak ada salahnya memanfaatkan kartu kredit yang dimiliki untuk mendapatkan pinjaman dana.

Itu tadi beberapa pilihan tempat yang bisa Anda tuju ketika membutuhkan dana pinjaman cepat. Pastikan saat meminjam dana selalu menyesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda. Mengingat setelah meminjam dana, Anda memiliki kewajiban untuk melunasinya kembali. Meminjam dana sesuai kebutuhan dan kemampuan bayar bertujuan untuk menghindarkan Anda dari kesulitan di kemudian hari, seperti resiko kredit macet atau keuangan tidak sehat. Semoga bermanfaat!.

Tidak ada komentar