Breaking News

Tanya Dokter Seputar Kehamilan Muda dan Pantangan-pantangannya


Tanya Dokter Seputar Kehamilan Muda dan Pantangan-pantangannya - Wanita yang sedang hamil memang akan mengalami banyak perubahan dalam diri mereka, mulai diantaranya adalah nafsu makan sampai dengan berat badan yang bertambah jauh lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini dikarenakan mereka dituntut untuk mencukupi asupan nutrisi dalam jumlah yang cukup karena tidak hanya digunakan oleh diri sendiri, melainkan juga bayi yang sedang dikandung. Konsultasikan lebih banyak terkait dengan hal ini diantaranya adalah tanya dokter seputar kehamilan.



Usia kehamilan yang masih tergolong muda biasanya memang rawan terhadap berbagai macam perubahan yang ada pada tubuhnya. Termasuk dalam usia kehamilan yang sangat rentan terhadap keguguran jika seandainya tidak dijaga dengan baik. Itulah mengapa bagi para bumil muda hendaknya juga harus mengetahui jenis pantangan apa sajakah yang tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan usia muda tersebut, diantaranya adalah:

  1. Merokok dan juga konsumsi minuman beralkohol, pada dasarnya memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya kedua bahan tersebut mengandung beragam jenis zat berbahaya yang ada di dalamnya, sehingga beresiko tinggi menjadi penyebab bayi lahir secara prematur, keguguran bahkan juga lahir cacat. Meskipun pada dasarnya Anda tidak merokok, namun tetap harus menghindari asap rokok juga, karena bisa terhirup dan meningkatkan resiko terhadap bayi yang lahir dalam berat badan di bawah normal.
  2. Mengonsumsi makanan dan juga minuman berkafein berlebihan, wanita yang sedang hamil diberikan batasan dalam konsumsi makanan dan juga minuman berkafein, setidaknya maksimal adalah 200 mg perharinya. Mengingat kelebihan kafein yang dikonsumsi dalam tubuh nantinya juga beresiko tinggi terhadap wanita yang sedang hamil. Karena bisa menjadi penyebab komplikasi pada kehamilan tersebut, sehingga harus diwaspadai.
  3. Mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan tanpa resep dokter obat bebas yang umumnya aman dikonsumsi ketika tidak hamil, bisa jadi sebaliknya ketika Anda tengah mengandung. Untuk itu paling aman adalah dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat-obatan tersebut, agar tidak sampai terjadi komplikasi pada kehamilan.
  4. Makan dalam porsi yang besar dan juga terburu-buru, ketika kadar esterogen dan juga progresteron naik di dalam tubuh, maka nantinya akan membuat wanita hamil juga menjadi lebih sensitif terhadap berbagai macam bau. Sehingga membuatnya sering kali mengalami kondisi seperti mual dan juga muntah. Makan dalam kondisi terburu-buru dan juga dalam porsi besar menjadi hal yang harus dihindari, karena bisa mempercepat naiknya asam lambung, sehingga akan lebih sering muntah.
  5. Tidak mengganti bra yang digunakan, wanita hamil akan mengalami perubahan pada ukuran payudaranya yang menjadi semakin kenyal dan besar, jika Anda tidak mengganti ukuran bra yang lama dengan baru tentunya akan terasa sesak dipakai dan menimbulkan rasa sakit.
  6. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sejak masa kehamilan, apalagi trimester awal maka Anda harus membiasakan diri untuk menghindari jenis makanan yang tidak sehat, seperti junk food, kemudian juga cemilan berlemak tanpa nutrisi dan sejenisnya. Karena selain mengganggu sistem pencernaan sebenarnya hal ini juga bisa membuat kadar hormon progesterone yang ada di dalam tubuh tidak seimbang.
Lebih banyak lagi konsultasi atau tanya dokter seputar kehamilan maka bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Halodoc, banyak dokter terpercaya dan berpengalaman yang siap memberikan jawaban kepada Anda. Jadi langsung saja download aplikasinya.

Tidak ada komentar